Mudik Yuk…. Oleh-Oleh khas Riau +Pekanbaru Lapis Nenas

Mudik Yuk…

Mudik membawa sejuta makna.  Ada satu makna kecil yang menggelitik saat mudik tiba. Oleh-oleh, buah tangan atau apapun namanya. Oleh-oleh adalah tradisi dan lambang kasih sayang. Oleh-oleh telah memberi warna tersendiri dalam moment mudik. Bentuknya beragam. Harganya bermacam. Orang kota membawa produk buatan kota. Orang-orang dari daerah tertentu membawa buah tangan yang khas. Buah tangan berupa makanan, buah-buahan, pakaian, bahkan produk modern lainnya. Warna-warninya menggoda. Yang berbentuk penganan dibagikan  dan dinikmati bersama. Mudik selalu diwarnai dengan melimpahnya oleh-oleh.

Mengamati tentang industri oleh-oleh dari euforia mudik menjadi tema kecil yang menarik. Satu keluarga dari Jakarta yang mudik ke Pekanbaru dan daerah/kabupaten  lainnya di Riau punya target buah tangan. Nenas. Nenas adalah buah khas Riau. Jangan pulang atau balek lagi tanpa buah tangan ini. Alokasi dana mudik salah satunya pasti ke buah tangan. Mungkin di kota lain juga pasti lebih banyak ragamnya terutama di kota-kota di Jawa. Di Pekanbaru, orang-orang yang mudik menyerbu toko oleh-oleh. Salah satunya bernama Hanisun Cake. Menjual produk oleh-oleh khas daerah yakni Lapis Nenas Pekanbaru., terbuat dari buah nenas asli  diberi olesan keju dan dilapisi sponge coklat yang lembut. Membayangkan  isi didalamnya sudah menggoda. Kelembutan dan kelezatan rasanya itu selalu mendorong pemudik untuk memborongnya. Baik untuk dimakan sendiri maupun untuk oleh-oleh dibawa pulang. Buah tangan ini akan melegenda jika ada anak rantau pulang kampung dan membantu mempromosikannya dari mulut ke mulut atau meng-share di akun pribadinya dengan hastag #Lapisnenaspekanbaru #hanisuncake ..

Perjalanan, oleh-oleh dan keluarga adalah tiga buah kata yang tak boleh terpisah dari tradisi mudik… . Untuk membeli oleh-oleh ini bisa diperoleh di jalan kuantan 2 gg jawa no 7c atau melakukan pemesanan online wa 081275117898.. Pekanbaru selalu bangga menempatkan nenas sebagai buah khas daerahnya..dan kami Hanisun cake mengolahnya menjadi oleholeh cake yang sangat lezat. Aromanya yang menggoda dengan warna kuning cemerlang dan lapisan coklat membuat primadona oleh-oleh khas Pekanbaru ini layak diacungi jempol. aamiin

Beberapa oleh-oleh khas itu telah menguatkan identitas sebuah wilayah/kota di Riau. Identitas itu semakin semarak dengan antusiasme pembeli saat musim mudik tiba. Pemudik yang berasal dari ragam latarbelakang. Tapi tetap dengan satu kecintaan, mencintai buatan anak negeri sendiri. Menjaga keaslian produk yang diolah tangan-tangan orang Indonesia. berbagai oleh-oleh lokal itu masih selalu dirindukan. Membangkitkan semangat lokal yang telah tergerus oleh aktivitas hidup yang monoton. Tanpa sadar, membeli oleh-oleh khas lokal juga telah menanamkan kecintaan pada bumi Indonesia. Yang telah memberi panen kelezatan dan percik idealisme di dalamnya. Dilihat dari sisi baiknya, mudik telah memberi gairah baru industri oleh-oleh Riau. Hal ini sangat baik terutama dalam perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. . Yang pasti, mudik selalu memberi gairah baru dalam hidup ini. berwarna warni…Selamat ber”Mudik-Ria.” Jangan lupa beli oleh-oleh ya..

(disadur kata2nya dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *